SDIT Luqman al Hakim

YAYASAN AL KAHFI HIDAYATULLAH SURAKARTA
SDIT LUQMAN AL HAKIM
Kampus: Jl. Ringroad Km.5 Mojosongo Jebres SKA Telp.0271.7007760


SDIT Luqman Al Hakim merupakan lembaga tingkat dasar yang berkomitmen untuk mencerdaskan otak dan membangkitkan jiwa generasi bangsa

Untuk mewujudkan komitmen tersebut SDIT Luqman Al Hakim selalu melakukan pembenahan dalam segala bidang dan melakukan inovasi agar proses pendidikan secara menyeluruh bisa berjalan dengan maksimal.

Dewan guru SDIT Luqman Al Hakim berkeyakinan, bahwa proses pendidikan yang dilakukan dengan baik akan menjadikan visi dan misi yang ditetapkan sekolah akan bisa diwujudkan.


Visi.
Mewujudkan Sekolah Dasar Islam Terpadu sebagai lembaga pendidikan Islam yang bermutu tinggi dan unggul, sehingga melahirkan sumber daya manusia yang siap memikul amanah Allah SWT sebagai hamba dan sebagai Khalifah-Nya fil ardhi

Misi.
Mengembangkan Islam secara terpadu dalam aspek ruhiyah, aqliyah dan jismiyah sehingga dapat menghantarkan generasi ummat Islam yang:

1. Beriman, berilmu dan beramal sholeh

2. Menjadikan seluruh hidupnya bertujuan ibadah kepadaAllah SWT

3. Mampu membangun masa depannya dengan kemampuan, keahlian, dan keterampilan yang mumpuni.

Kurikulum Yang digunakan
Kurikulum yang digunakan di SDIT Luqman Al Hakim adalah sebagai berikut:

1.KurikulumDiknas Dengan menerapkan kurikulum standar Diknas diharapkan siswa tidak mengalami kesulitan untuk melanjutkan jenjang pendidikan selanjutnya sesuai dengan pilihan

2.Kurikulum Pesantren Hidayatullah yang berbasis Tauhid Dengan menerapkan Kurikulum Pesantren Hidayatullah yang berbasis Tauhid diharapkan siswa menjadi insan yang utuh, seimbang antara aspek intelektual, emosional, dan spiritual

Kegiatan Pendukung
- Sholat berjamaah
- Sholat Dhuha
- Pesantren Romadhon
- Training Motivasi
- Out Bound
- Wisata educatif

Proses Pembelajaran
Proses Pembelajaran yang diterapkan di SDIT Luqman Al Hakim adalah sebagai berikut:
1.Active Learning (siswa aktif) Memungkinkan siswa untuk berperan aktif dalam setiap tahapan belajar, sehingga setiap siswa dapat menemukan pesan-pesan dari setiap proses pembelajaran yang dialaminya.

2.Outing Class (Pembelajaran tidak selalu di dalam kelas) Dengan pembelajaran yang tidak dilakukan di kelas secara terus menerus dapat menghilangkan kejenuhan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran.

3.Fullday School (07.15- 15.30) Dengan sistem Fullday School siswa akan berada dalam lingkungan sekolah yang kondusif, sehingga efek buruk dari pergaulan bebas dapat diminimalisir.

Pengembangan diri
1. Baca Tulis Al Qur~an
2. Tahfidz
3. Khotbah
4. Komputer
5. Beladiri
6. Pramuka
7. Arabic and English Club